Anda tentu tidak ingin mengeluarkan lebih banyak dari yang dibutuhkan ketika membangun rumah. Pertimbangkan 10 tips berikut untuk mendapatkan rumah baru dengan harga termurah:

  1. Belilah sebuah kavling yang luas bersama dengan teman-teman atau keluarga Anda, lalu bagilah kavling tersebut menjadi ukuran-ukuran yang lebih kecil. Beberapa kavling yang berlokasi strategis dan berharga murah per meter perseginya mungkin terlalu luas dibandingkan kebutuhan dan kemampuan Anda. Jika Anda dapat berpatungan dengan orang lain (sebaiknya dengan orang yang Anda tidak keberatan sebagai tetangga), Anda dapat memiliki kavling tanah yang berukuran cukup luas dengan harga terbaik.
  2. Pertimbangkan membeli tanah dengan kondisi bermasalah, misalnya terletak di bukit, di pinggir sungai atau konturnya tidak rata. Umumnya, tanah seperti itu tidak diinginkan kebanyakan orang sehingga tidak terjual dengan cepat dan ditawarkan dengan harga yang miring. Namun, dengan rencana tepat dan kontraktor yang handal, banyak yang berpotensi untuk diolah menjadi kavling yang bagus untuk rumah Anda.
  3. Belilah bahan bangunan yang tidak memerlukan banyak pemeliharaan. Misalnya, dinding bata ekspos mungkin mahal pada awalnya, namun dalam jangka panjang Anda akan berhemat karena tidak harus mengecat ulang atau memperbaiki keretakan.
  4. Gunakan material dari bekas bongkaran. Batu bata bekas, kusen kayu bekas, dan lainnya dapat Anda pertimbangkan untuk material rumah Anda. Di zaman krisis moneter beberapa tahun lalu, banyak orang yang berburu rumah-rumah tua berbahan kayu jati dengan maksud untuk menggunakan kayu-kayunya dalam pembangunan rumah mereka. Kayu jati berusia tua itu berharga selangit bila dalam kondisi baru, itu pun tidak selalu ada di pasar. (Kayu jati berusia tua semakin jarang di pasaran).
  5. Berfokuslah hanya pada hal-hal yang betul-betul Anda butuhkan. Jangan terlalu berhemat pada komponen struktural, tangga, pintu dan jendela demi keselamatan dan keamanan rumah Anda. Namun, Anda bisa berhemat di banyak hal lain.
  6. Jangan membangun terlalu mewah dibandingkan lingkungan Anda. Membangun rumah yang terlalu mewah dan besar daripada yang lain di wilayahnya tidak akan menaikkan harga jual yang sepadan. Penilaian rumah akan banyak dipengaruhi oleh kondisi rumah-rumah di sekitarnya.
  7. Pastikan Anda selalu memantau saat rumah sedang dibangun untuk memastikan Anda mendapatkan apa yang telah Anda minta dan bayar. Hal ini termasuk rincian dekoratif maupun elemen struktural. Misalnya, jika Anda dan kontraktor Anda telah menyetujui merek tertentu untuk cat dinding, jangan menerima merek lain yang lebih rendah, setidaknya tidak tanpa penyesuaian biaya.
  8. Gunakan kontraktor yang handal. Kontraktor yang handal sangat menentukan kualitas rumah Anda. Selain itu, mereka telah menjalin hubungan dengan para pemasok dan subkontraktor untuk memastikan segala sesuatunya berjalan lancar selama proses pembangunan.
  9. Hindari adendum. Selain memengaruhi biaya, adendum juga menambah waktu dan kompleksitas proses pembangunan. Putuskan apa yang Anda inginkan sebelum kontrak ditandatangani dan kemudian berpeganglah padanya.
  10. Batasi jumlah lantai hanya tiga atau kurang. Setiap kali Anda menambah jumlah lantai, proporsi biaya untuk pondasi dan struktur akan meningkat signifikan terhadap biaya bangunan secara keseluruhan. Jika Anda memiliki lahan yang cukup dan ingin rumah yang lebih besar, pertimbangkan untuk menambah lebar bangunan secara horisontal.
10 Tips Memiliki Rumah Baru dengan Biaya Termurah

Post navigation


Leave a Reply

  1. Anda tinggal di Jabodetabek atau Bandung dan butuh kontraktor rumah yang handal? Hubungi kami!
WordPress SEO fine-tune by Meta SEO Pack from Poradnik Webmastera