Salah satu kunci sukses pembangunan rumah Anda adalah memilih bahan bahan bangunan yang tepat.  Bila Anda menggunakan kontraktor untuk membangun rumah Anda, sebagian besar pemilihan bahan bangunan dilakukan oleh kontraktor. Namun demikian, ada baiknya Anda juga memahami bagaimana kontraktor memastikan kualitas bahan yang digunakan.

Pasir

Pasir dalam bahasa teknik sipil sering disebut sebagai agregat halus (sebagai kontras kerikil, yang disebut agregat kasar). Ukuran partikel pasir kurang dari 5 mm. Pasir untuk bangunan secara garis besar dibedakan sebagai pasir hitam dan pasir putih. Pasir hitam biasanya untuk pekerjaan struktur dan sering disebut pasir beton. Pasir putih yang lebih halus cocok untuk pekerjaan plesteran. Pasir yang baik harus bebas dari tanah, lumpur, dan kotoran organik.

Anda dapat melakukan tes sederhana untuk memeriksa kualitas pasir: Taruh sejumlah pasir di telapak tangan, gosok-gosok dan buang. Periksa telapak tangan Anda. Pasir yang baik tidak akan menempel pada telapak tangan.

Kerikil

Kerikil atau agregat kasar adalah hasil dari pemecahan batu keras. Anda memerlukan kerikil untuk pekerjaan beton. Ukuran kerikil pada umumnya adalah diameter 10mm, 20mm dan 40mm. Untuk pekerjaan balok dan kolom rumah tinggal, kerikil yang dipakai umumnya adalah yang berukuran 10mm dan 20mm.

Kerikil harus keras, kuat dan bebas dari tanah liat, lumpur, bahan organik dan bahan asing lainnya.

Bata

Bata yang baik terlihat halus, keras dan terbakar matang secara merata (namun tidak terlalu matang sehingga gosong). Bentuk dan ukurannya harus seragam.

Untuk menguji kualitas bata, ketuk-ketuklah dengan logam. Bata yang baik akan menghasilkan suara denting logam yang nyaring. Bila dijatuhkan dari ketinggian satu meter, bata yang baik juga tidak pecah.

Keramik

Memilih ubin keramik mungkin adalah bagian yang tersulit karena ada ribuan warna, ukuran, gaya, bentuk dan kualitas. Anda tidak akan pernah salah bila memilih ubin berwarna netral seperti putih atau krem muda. Bila memilih warna yang lebih mencolok, konsultasikan dengan arsitek Anda untuk keserasiannya dengan elemen lain dari rumah.

Ubin tersedia dalam berbagai ukuran, dari mulai 20x20cm, 25x25cm, 30x30cm, 45x45cm sampai 60x60cm. Kualitas ubin biasanya dibedakan oleh produsen sebagai KW1 (paling baik), KW2 (sedang), dan KW3(jelek). KW1 adalah ubin sempurna tanpa cacat, baik retakan, warna atau dimensi. KW3 adalah ubin cacat. Bila Anda memiliki dana, usahakan memilih ubin KW1. Namun, bila dana terbatas, ubin KW2 pun masih bisa menghasilkan lantai yang baik bila dipasang dengan tepat.

Ubin keramik ada yang berglazur (mengkilap) dan tidak. Ubin berglazur terbuat dari campuran tanah liat yang dipres, kemudian lapisan glazur diterapkan pada bagian atas dan dipanggang. Ubin berglazur tersedia dalam high-gloss, matte, dan kasar .

Tips Memilih Bahan Bangunan

Post navigation


Leave a Reply

  1. Anda tinggal di Jabodetabek atau Bandung dan butuh kontraktor rumah yang handal? Hubungi kami!
WordPress SEO fine-tune by Meta SEO Pack from Poradnik Webmastera